Mighty Thor dan 9 Dunia Menurut Ajaran Agama Nordik - LELAKI ZENITH
News Update
Loading...

Kamis, 20 Februari 2020

Mighty Thor dan 9 Dunia Menurut Ajaran Agama Nordik

thor dan agama nordik
Thor dan Raksasa Jotunheimr
Eropa Utara, seperti  Denmark, Norwegia, Islandia dan Swedia sebelum kedatangan  agama Kristen mereka menganut sebuah aliran kepercayaan yang dikenal dengan sebutan norse mytologi atau mitologi nordik.

Mitologi ini, berisi kisah kisah tentang makhluk supranatural, kosmologi yang ditulis dalam bentuk puisi dan prosa kemudian diabadikan dalam sebuah buku berjudul Poetic Edda.

Dan hingga saat ini, hingga saat temen-temen menyimak video ini , di daerah daerah pedesan Skandinavia, mitologi nordik masih suka ditutur bahasakan ke generasi generasi selanjutnya.

Dalam ajaran Nordik, temen-temen Ada tiga golongan makhluk yang lebih berkuasa daripada manusia, yaitu: Æsir, Vanir, dan Jotun.

Æsir dan Vanir adalah golongan para dewa. Tapi tetap, golongan dewa dewa Aesir tetep lebih utama dan lebih tinggi dari dewa dewa golongan vanir. Sedang Jotun adalah golongan raksasa kegelapan.
Nah masing masing dewa ini temen-temen, termasuk juga manusia, terpisah oleh 9 dunia yang berbeda-beda. Tetapi meski terpisah, sembilan dunia tersebut dapat saling dihubungkan oleh sbuah pohon bernama Yggdrasil. Sebuah pohon raksasa yang keramat.
Mari kita bahas satu persatu dunia tersebut.
  • Asgard, 
Asgar adalah dunia para Æsir atau golongan dewa-dewa tinggi dan yang paling berkuasa. Bila temen-temen pernah nonton film Thor besutan Marvel Studio. Tentu nama asgard tidak asing. Odin, Thor, Heimdal dan Loki adalah beberapa tokoh dewa yang mendiami asgard.

Ada sebuah aula besar di asgard yang merupakan dambaan para makhluk bernama manusia sesudah kematiannya. Apa itu ? Valhalla. Valhalla menurut orang orang nordik adalah dambaan setiap makhluk. Karena di Valhalla segala yang dicari pasti ada. Khamer, bidadari, dan sungai sungai yang mengalir dibawahnya.
  • Vanaheim, 
Vanaheim adalah dunia para Vanir atau golongan dewa-dewi kecili. Letaknya berdekatan dengan Asgard. Seperti yang saya katakan tadi. Bahawa antara dewa dewa Aesir dan Vanir adalah sekutu terbaik. Tapi tetap dewa Aesir yang lebih tinggi kedudukannya
  • Alfheim,
Dunia Alfheim ini dihuni oleh Elf atau ras dewa kecil pengatur kesuburan.Alfheim sendiri terletak di bagian puncak Yggdrasil (Pohon Dunia) setelah Asgard.
  • Midgard, 
Midgar dunianya para makluk yang tidak abadi atau dunianya makluk bernama manusia, Jadi temen-temen dalam ajaran nordik. Bumi yang temen-temen tempatin ini adalah Midgard. Kelak bila para penghuni midrad mati. Dan semasa hidupnya selalu berkorban uhtuk dewa Odin dan Thor temen-temen akan di tempatkan di sebuah aula besar yang saya sebutkan tadi. Valhall
  • Jötunheimr, 
Jotunheimr adalah dunia para Jotun atau para raksasa. Di dunia ini, hampir temen-temen tidak akan menemukan cahaya apapun. Saya membayangkan, Jatunheimr ini seperti planet Neptunus dalam tata surya yang diajarkan kita di sekolah sekolah. Dingin, mencekam dan tidak ada cahaya apapun. Loh kok neptunus? Kenapa tidak Pluto saja? Karena ada dunia yang lebih dingin dan lebih gelap dari Jotunheimr yaitu Niflheim. Nanti kita bahas
  • Svartálfheim, 
Adalah dunia para elf dari kegelapan. Svartálfheim, adalah antitesa dari Alfheim. Jika Alfheim dihuni oleh para Elf atau ras dewa kecil yang kesuburan maka Svartalfheim ada dewa dea kecil yang usil yang selalu mengirimkan hama dan bala bencana.
  • Niddhavellir, 
Niddhavellir adalah dunia para Dwarf atau orang kerdil. Mereka tinggal di gua atau di bawah tanah sebagai penambang yang mahir dan ahli membuat peralatan dan senjata dari logam.

Jika temen-temen pernah nonton film avenger infinity war, saat thor kehilangan palunya, Mjolnir. ia kemduian dibuatkan senjata lagi bernama strom breaker. Nah pembuat mjolnir dan strombreaker ini adalah seorang dwarf atau kurcaci. Nah temen-temen, bagi yang tidak tau palu Mjolnir dan strom breaker; senjata thor itu dibuat dan ditempa di sini. Di Niddhavellir
  • Niflheim, 
Jika dewa dewa aesir skutunya adalah vanir maka para penghuni jotunheim skutu terpercayanya adalah penghuni Niflheinm, Niflheim lebih gelap, lebih dingin dari Jotunheimr, Penghuninya adalah raksasa es yang dikuasai oleh Hel, anak perempuan Loki. Lo kok anaknya loki ? bukannya loki itu salah satu penghuni Asgard, Suku ras dewa yang paling tinggi. ?

yap benar sekali. Tapi sebenarnya loki bukanlah anaknya Odin seperti Thor. Loki diambil dari jotunheimr ketika pada suatu watu Bangsa Asgard yang dipimpin oleh Odin perang melawan bangsa Jotunheimr. Jotunheimr kalah dalam peperangan tersebut. Hampir Odin akan memusnahkan bangsa Jotun. Tapi tidak. Odin tetaplah odin. Ia dewa cahaya yang hatinya diliputi cahaya. Nah disinilah loki kecil dibawa, diadopsi, dan dibesarkan di asgard. Tapi tetap saja. Ketika dewasa. Sifat loki tak berubah. Ia dewa yang bimbang. Antara baik dan benar.
  • Muspell atau Muspellheim, 
Muspell adalah dunia api dan rumah bagi Surt, raksasa yang kulitnya berupa lahar dan berambut api. Tidak banyak literature  yang membahas muspell temen-temen. Tapi ya sudahlah

Intinya dalam ajaran agama Nordik terdapat Sembilan dunia. Ada dunia tempat yang megah, bercahaya, ada dunia yang dihuni oleh makhluk yang tidak abadi. Ada dunia yang hampir tak ada cahaya. Pertanyaan saya mungkinkah 9 planet dalam tata surya yang diajar kita disekolah sekolah bersumber dari ajaran nordik.

Menurut temen-temen bagaimana ?

Jawab di kolom komentar ya..

Share with your friends

Give us your opinion

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done